Senin, 18 Februari 2013

cara membuat bunga dari kertas krep


Membuat Bunga Sakura dari kertas krep ( creepe/ kertas klobot / kertas sawi / kertas hiasan )



Ingin sekali melihat bunga sakura....,lebih baik buat sendiri saja yuuk...! kelihatan bagus kok gak kalah sama yng asli kok bagusnya .. hehehehe...  mari kita buat!

Alat dan Bahan :
1.      Gunting
2.      Lem
3.      Double tape / lem bakar
4.      Isolasi / tape transparan
5.      Kertas creepe 3 warna ( pink , hijau tua, kuning )
6.      Ranting kering
7.      Pot bekas / wadah bekas untuk pot


Cara membuat :

1.      Gunting kertas creepe warna pink yang keadaannya masih gulungan / masih seperti gambar, dengan lebar 5 cm

2.      Gunting kertas creepe warna hijau dan kuning keadaanya sama dengan kertas pink , dengan lebar 1 cm
 


 
3.      Membentuk kelopak / mahkkota bunga : kertas creepe yang telah dipotong dengan lebar 5 cm, potong dengan bentuk menyerupai 1 helai mahkota bunga sakura, atau gunting bentuk lonjong, maka akan kita dapatkan 1 tumpuk kelopak / mahkota, potong terus sampai mendapatkan 5 tumpukan.
Catatan penting :Jangan Buang Sisa Guntingan dari pembentukan Kelopak / Mahkota Bunga atau sisa Kertas pink yang Telah digunting.


 

 
4.      Membuat Bunga :
-          Pertama membentuk putik
bunga dengan memakai kertas creepe kuning, caranya : tanpa memotongnya terlebh dahulu langsung tekuk – tekut kertas, kemudian lilitkan sedikit ke tekukan kertas kuning baru potong , maka akan terlihat seperti gambar, catatan:buatlah tangkai putik ini sedikit panjang agar lebih mudah dalam menempelkan mahkota bunga
 
-          Kedua membentuk mahkota bunga
Tempelkan satu persatu mahkota bunga yang telah dibentuk tadi, sampai 5 mahkota.


 
-          Ketiga memasang kelopak hijau bunga
Dengan menggunakan kertas creepe warna hijau, tanpa memotongnya dulu , beri lem di ujungnya lalu lilitkan pada bagian bawah mahkota bunga, sampai semua bagian bawah tertutupi, lalu lilitkan ke bawah sehingga tampak ada tangkai bunga.


 
5.      Membuat Kuncup bunga
Kuncup bunga sangat penting dalam membuat kerajianan ini, karena pohon sakura yang mekar tanpa kuncup bunga tidak akan indah.
Dengan menggunakan kertas sisa tersebut kita akan membuat kuncup bunga. Caranya : ambil beberapa sisa kertas, kira – kira  jika di buat isi kuncup akan cukup besar, lalu gulung jadi satu sehingga membentuk bulatan, ambil 3 kelopak mahkota bunga untuk menutupinya dengan rapat, lalu lilit dengan kertas warna hijau membentuk kelopak bunga dan tangkai



6.      Buat bunga dan kuncup bunga sebanyak – banyaknya / sesuai selera , setelah terbuat banyak kita siap untuk melanjutkan langkah selajnutnya.
 
7.      Menempel bunga ke tangkai ranting , “ memekarkan bunga 
Caranya : jika anda memiliki lem bakar maka tidak usah memakai double tape, maka  langsung lekatkan dengan ranting. Jika menggunakan duble tape , gunting double tape sapanjang 1 – 2 cm , lalu lilitkan double tape pada ranting bagian bawah atau yang anda inginkan, baru tempelkan 1 bunga yang sudah anda buat.
 
8.      Susunlah dengan cara seperti itu, sesuai susunan bunga sakura yang asli , sampai bunga habis, lalu tempelkan kuncup di bagian atas ranting atau pada ranting yang kosong sampai penuh , sehingga akan tampak bunga yang lebat dan indah.
 
9.      Jika menggunakan double tape , area penempelan bunganya harus dililit isolasi transparan untuk menguatkan posisi bunga


10.  Waktunya Menanam Bunga, dengan menggunakan pasir laut, atau serpihan kayu yang habis di gergaji .Lalu Tanam bunga yang sudah di buat kedalam wadah bekas atau pot bekas.
11.  Beri kerikil diatas media tanam agar terkesan bersih
12.  Lalu letakkan di pojok rumah atau tempat yang anda inginkan

sekian terima kasih semoga bisa dipraktekan , karena in mudah sekali...

NOTE :

jangan takut jika bentuknya kurang sempurna, jika sudah ditempelakan ke ranting dan disusun bersama bunga yang lainnya pasti hasinya akan tetap bagus. 
SELAMAT MENCOBA 

inilah hasil buatan kita hari ini...
Bagus Bukan.....

1 komentar: